MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF

Ide Pokok adalah rancangan yang tersusun di dalam pikiran,gagasan.atau merupakan suatu gagasan / pikiran utama dari sebuah paragraf / yang mendasari suatu paragraf.
Cara menemukan Ide pokok suatu paragraf.
  1. Membaca dari keseluruhan teks bacaan.
  2. Memahami isi bacaan teks bacaan tersebut.
  3. Menemukan Ide pokok bacan.
Ide pokok terdapat dalam setiap paragraf .biasanya , ide pokok dinyatakan secara eksplisit dalam kalimat utama atau kalimat topik.paragraf yang Ide pokoknya terdapat di awal paragraf  disebut paragraf deduktif.sedangkan paragraf yang Ide pokoknya terdapat di akhir paragraf disebut induktif.
Sedangkan paragraf:suatu bahasa yang lebih besar dari pada kalimat tetapi lebih kecil dari pada wacana.
Bagian – bagian paragraf:
  1. inti kalimat / ide pokok.
  2. Kalimt penjelas /Idde penjelas paragraf.
Syarat paragraf dapat dikatakan baik jika memenuhi beberapa syarat:
  1. Satu kesatuan
Paragraf merupakan satu kesatuan yang utuh dan kalimat yang mendukung paragrafharus laras dan tidak ada satu kalimat yang menyimpang dari Ide pokok tersebut
  1. Kepaduan
Suatu paragraf merupakan satu kesatuan yang padu,kepaduan suatu paragraf biasanya ditandai penggunaan penandaan koherensi / penyatuan , artinya masing – masimg kalimat mempunyai hubungan timbal balik dan teratur.
Dari letak umumnya , Paragraf  dapat di lihat dari segi isi :
  1. Paragraf Narasi :
paragraf yang berfungsi / bertujuan untuk menceritakan sesuatu agar pembaca  atau pendengar seolah – olah mengalami peristiwa tersebut.
  1. Paragraf Deskripsi : Paragraf yang berfungsi menggambarkan sesuatu / objek secara gamblang  sehingga pembaca  / pendengar  seolah – olah melihat langsung apa yang di sampaikan.
  2. Paragraf Eksposisi :
Paragraf yang berfungsi untuk memaparkan  / menjelaskan sesuatu  secara detail , mendalam dan jelas,sehingga pembaca / pendengar memperoleh pengetahuan baru dari apa yang disampaikan.
  1. Paragraf Argumentasi :
Paragraf yang berusaha untuk mempengaruhi sehingga pembaca / pendengar mendukung  / membenarkan pendapat penulis / pembaca.
Berdasarkan sifat dan tujuannya paragraf terdiri dari:
  1. Paragraf Pembuka
Bagian paragraf yang bertujuan untuk mengantarkan pembaca / pendengar ke dalam inti suatu paragraf .
  1. Paragraf Inti
Paragraf yang menghubungkan antara paragraf pembuka dan penutup . biasanya paragraf ini merupakan inti sari dari suatu wacana.Contoh atau alasan yang ingin dikemukakan lazimnya paragf ini disebut paragraf penghubung .
  1. Paragraf Penutup
Paragraf yang berfungsi  untuk mengakhiri suatu karangan  / wacana .biasanya berisi simpulan dari paragraf inti / penghubung kadang – kadang berupa penegasan .